Film pendek baru dari Pixar “OUT” merupakan animasi pertama dengan karakter Gay yang berkisah tentang seorang pria muda bernama Greg yang memiliki peliharaan anjing bernama Jim dan pasangan bernama Manuel. Out, ditulis dan disutradarai oleh Steven Clay Hunter yang berdurasi 9 menit ini mengeksplorasi pengalaman dari komunitas LGBTQ saat ingin mengaku ke orang tua mereka mengenai orientasi seksual mereka.

Film ini dibuat berbeda dari animasi produksi Pixar lainnya, animasi ini dibuat lebih sederhana dengan sentuhan gambar yang seperti lukisan menggunakan cat air yang mampu membawa perasaan kamu ke dalam kenangan masa lalu. 

Di awal cerita, ketika Greg dan Manuel sedang berkemas untuk pindah dari rumah Greg, kedua orang tua Greg secara tiba-tiba datang mengunjungi Greg. Greg yang sedang bersama kekasihnya, langsung panik dan bingung harus berbuat apa karena Greg masih belum memberitahukan orientasi seksualnya kepada orang tua Greg.

Manuel memilih pergi karena Greg masih belum berani memutuskan untuk mengaku kepada orang tuanya. Dengan bantuan sihir Peri Pelangi, jiwa Greg bertukar dengan anjing peliharaannya yang bernama Jim, yang akhirnya membantu Greg memberanikan diri untuk coming out kepada kedua orang tuanya.

Meskipun animasi ini hanya berdurasi 9 menit, OUT berhasil menggugah keseluruhan emosi, dan masing-masing karakternya mampu menceritakan sifat dan emosi and kisah yang melampaui batas 9 menit.

Di ujung cerita, akhirnya Greg memberanikan diri mengenalkan Manuel kepada kedua orangtuanya, yang kemudian merangkul hangat Manuel. Kami jamin kamu akan berlinang air mata setelah menontonnya, karena kita juga merasakan hal yang sama! Keseluruhan cerita dibuat sebegitu manis dan penuh perasaan, kamu akan berharap kalau animasi pendek ini adalah sebuah film. 

Cerita Kita

Animasi ini seolah dibuat untuk menggambarkan pergulatan dan perasaan para kaum LGBTQ pada umumnya. Terutama ketika mereka ingin mengungkapkan orientasi seksualnya kepada orang yang mereka cintai, dan keluarganya. Banyak teman kaum LGBTQ yang tidak berani mengutarakan isi hatinya karena takut menjadi sumber kekecewaan yang sangat besar bagi orang tua mereka. 

Tidak sedikit yang mengambil keputusan yang sama dengan Greg di animasi OUT ini, untuk pindah sejauh-jauhnya dari orang tua mereka. Karena mereka merasa terjebak antara rasa ingin menjadi bebas menjalankan pilihan hidup mereka tetapi tidak ingin orang tua mereka tahu dan membuat ayah ibunya kecewa, sedih atau marah. Padahal belum tentu orang tua mereka akan memiliki reaksi tersebut. 

Kondisi negara kita masih minim penerimaannya terhadap keberadaan kaum LGBTQ. Namun dengan munculnya animasi dari media besar seperti Pixar, kita bisa berharap agar hal ini bisa membantu masyarakat melihat dari sisi pandangan yang berbeda.

▬ ⚣ ▬

 Dapatkan aplikasi Blued di hape kamu sekarang!

Reaksi kamu untuk artikel ini:

Loading spinner