Banyak mitos yang disebutkan di masyarakat jika terlalu sering melakukan masturbasi akan mengakibatkan kebutaan, masalah gangguan ereksi hingga gangguan kesuburan. Meski kegiatan masturbasi tidak memberikan dampak kesehatan secara langsung, masturbasi tetap bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan. Beberapa hal yang bisa terjadi akibat hobi masturbasi adalah:

1. Menurunkan sensitivitas saat berhubungan seks

Apakah kamu mengetahui bahwa melakukan masturbasi dapat menurunkan sensitivitas pada saat kamu melakukan hubungan seksual? Hal ini dikarenakan rangsangan yang terus-menerus pada penis dapat meningkatkan ambang rangsang seorang pria, Jika pria memiliki metode masturbasi agresif dengan rangsangan yang berlebihan pada penisnya, maka mereka dapat mengalami penurunan sensasi ketika melakukan hubungan seksual dengan pasangannya.

2. Iritasi

Seorang pria bisa melakukan masturbasi secara rutin setiap minggunya atau bahkan setiap hari dengan intensitas yang sangat tinggi. Melakukan masturbasi dengan frekuensi yang berlebih dapat membuat Mr.P iritasi, kelelahan. Jika level masturbasi sudah menjadi candu bagi kamu, sangat disarankan untuk menemui psikiater agar membantu mengurangi kecanduan.

3. Mengganggu aktivitas sehari-hari

Jika kamu sudah kecanduan melakukan masturbasi, hal ini dapat mengganggu konsentrasi dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Diantaranya adalah:

  • Kehilangan konsentrasi saat bekerja, yang berpotensi menyebabkan kehilangan pekerjaan, penurunan prestasi sekolah, atau tidak mengikuti acara sosial
  • Memengaruhi hubungan dengan teman
  • Menjadikan masturbasi sebagai bahan pelarian dari masalah hubungan

4. Timbul rasa bersalah

Orang yang melakukan masturbasi bisa memiliki rasa bersalah yang mendalam, karena mereka khawatir bahwa perilakunya tersebut bertentangan dengan kepercayaan, spiritual, atau budaya yang dianut. Perasaan bersalah ini nantinya dapat menyebabkan gangguan psikis yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Jangan khawatir, kamu masih bisa mengurangi intensitas masturbasi kamu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti yang telah disebutkan. Berikut beberapa solusi agar kamu tidak melakukan masturbasi:

  • Alihkan fokus pada kegiatan yang positif, seperti berolahraga atau mengikuti kursus. Dengan menjadi lebih sibuk, perhatian Anda dari kegiatan masturbasi akan teralihkan.
  • ermasalahan masturbasi merupakan isu yang sensitif. Karena itu, diskusikanlah hal ini hanya dengan orang yang sangat Anda percayai.
  • Jika merasa kegiatan sosial Anda terganggu, konsultasikan hal itu dengan dokter psikiatri guna mendapatkan solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah ini.

Jika kamu masih belum berhasil dengan tips di atas, maka kamu harus konsultasikan kepada psikiater untuk membantu kamu. Jangan malu untuk mengatakan hal yang sebenarnya kepada dokter yang berpengalaman.

▬ ⚣ ▬

 Dapatkan aplikasi Blued di hape kamu sekarang!

Reaksi kamu untuk artikel ini:

Loading spinner