Mungkin terdengar sepele bagi kamu, selain memiliki manfaat untuk melindungi kamu dari penularan penyakit, tentu saja kondom memiliki cara untuk digunakan. Jangan sampai salah langkah ya.

Kesalahan pemakaian kondom ini terjadi di seluruh dunia dan di berbagai kalangan. Akibatnya, kondom jadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya dalam mencegah kehamilan dan penularan penyakit. Kurangnya pengetahuan sering kali jadi alasan kenapa seseorang lalai dalam pemasangan kondom. Beberapa kesalahan paling sering adalah pemakaian kondom yang terlambat dan tidak memeriksa tanggal kadaluarsa. Sepele tapi menentukan masa depanmu, bukan? 

Berikut adalah beberapa kesalahan yang sering terjadi pada saat kamu menggunakan kondom

1. Terlambat memasang

Sekitar 17-51,1 persen pasangan disebutkan baru menggunakan kondom setelah hubungan seksual sudah berjalan. Kemungkinan Precum atau Pra-ejakulasi bisa sangat mungkin mengandung sperma loh. Selain itu, sentuhan antara kulit dengan kulit bisa menyebabkan terjadinya penularan penyakit menular seks. Jadi jangan abaikan dan sepelekan penggunaan kondom ya, gunakan sebelum melakukan hubungan seksual.

2. Tidak cek kondisi dan masa kadaluarsa kondom

Saat kamu mencapai tingkat orgasme yang tinggi dan terburu-buru ingin memulai permainan, kamu tidak memperhatikan keadaan kondom ataupun masa kadaluarsa dari kondom yang mau kamu gunakan. Hal ini tentu saja bisa membahayakan kamu, jika kondisi kondom ternyata ada yang robek dan tanggal kadaluarsanya telah berakhir. Maka biasakan untuk periksa dulu sebelum menggunakan ya.

3. Terlalu cepat melepas kondom

Banyak dari pria yang sering melakukan hal ini, mereka melepaskan kondom saat belum selesai melakukan ejakulasi. Sangat disarankan agar tidak melepaskan kondom sebelum kamu ejakulasi, selain itu kamu juga harus melepaskan kondom sebelum Mr.P kembali layu ya untuk menghindari cairan sperma tumpah.

4. Membuka kondom dengan benda tajam

Kamu sering membuka kondom dengan benda tajam? Seperti menggunakan gigi, gunting atau pisau? Hal ini harus kamu hindari ya, karena besar kemungkinan dapat merusak bahan atau kondisi kondom yang ingin kamu gunakan seperti robek atau bocor. 

5. Membuka gulungan kondom sebelum dipakai

Jangan buat kesalahan ini ya, jika kamu membuka gulungan kondom sebelum kamu pakai, ini akan sangat susah kamu gunakan loh, jadi pastikan kamu menggunakan ke Mr.P pada saat masih dalam gulungan. 

6. Tidak mengeluarkan udara diujung kondom

Saat memakai kondom, pastikan untuk menyisakan bagian kosong di ujung kondom sehingga sperma bisa tertampung. Kalau tidak disisakan, air mani akan mudah tercecer dan tidak ditampung dengan baik. Selain itu, udara di ujung kondom seharusnya juga dikeluarkan sebelum memakai kondom untuk menghindari pecahnya kondom saat ejakulasi. Saat menggulung kondom untuk melapisi penis, harus dipastikan bahannya pas dan tidak lecek untuk menghindari pembentukan gelembung udara.

Jadi, kesalahan mana yang paling sering kamu lakukan? Baca dan simak dengan baik agar kamu tidak melakukan kesalahan yang sama. Ini bertujuan untuk menyelamatkan kamu dari penularan penyakit kelamin atau penularan penyakit seksual.

▬ ⚣ ▬

 Dapatkan aplikasi Blued di hape kamu sekarang!

Reaksi kamu untuk artikel ini:

Loading spinner