1. Konsumsi asupan sehat

Hal yang paling awal untuk memulai pola hidup sehat adalah kamu harus merubah pola asupan makanan kamu. Pada dasarnya, semua manusia harus mengonsumsi makanan dan minuman untuk menjaga tubuh tetap sehat, namun kebutuhan nutrisi setiap orang berbeda-beda.

Kamu bisa mulai dengan rutin makan 3x sehari (Sarapan, makan siang dan malam) khusus untuk makan malam, kamu bisa mengurangi porsi. Selain itu kamu juga harus mengkonsumsi sayuran dan buah buahan untuk mendukung penyerapan vitamin dan serat. 

2. Melakukan aktivitas fisik

Meski mudah dilakukan, tetapi masih banyak orang yang melewatkan aktivitas fisik seperti olahraga atau pemanasan setelah bangun tidur. Jika kamu memiliki komitmen yang tinggi, maka kamu pasti akan melakukan gerakan-gerakan yang simple untuk membuat tubuh kamu selalu dalam keadaan sehat.

Kamu bisa mulai dengan olahraga ringan atau sering disebut dengan home workout. Tapi jika kamu suka dengan tantangan kamu bisa mulai dengan jogging atau gym agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

3. Menjaga kesehatan mental

Pola hidup sehat tidak hanya terpaku pada badan yang sehat, tetapi mental yang sehat juga akan mendukung kamu untuk mendapatkan hidup yang lebih nyaman dan sehat. Berikut adalah langkah yang mendukung agar kamu dapat menjaga kesehatan mental:

  • Tidur cukup setiap hari
  • Biarkan diri kamu senang dengan prestasi yang kamu lakukan sendiri
  • Memiliki jaringan pertemanan yang sehat
  • Metime
  • Biasakan tersenyum, ini akan mengubah mood kamu menjadi lebih baik

4. Hindari kebiasaan merokok

Aktivitas merokok adalah salah satu penyebab kematian terbesar yang sebenarnya bisa dicegah. Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa merokok menjadi penyumbang terbesar kematian akibat kanker paru-paru.

Selain kanker paru-paru, merokok juga bisa menyebabkan kanker mulut, bibir, lidah, kerongkongan, ginjal, dan kandung kemih. Bahkan, penggunaan tembakau menyebabkan penyakit aterosklerosis yang dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, dan kurangnya aliran darah ke ekstremitas bawah.

5. Hindari kebiasaan konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol berlebihan bisa menyebabkan sirosis hati. Sirosis hati dapat menyebabkan perdarahan internal, penumpukan cairan di perut, mudah terjadi memar dan pendarahan, terjadinya pengecilan otot, gangguan mental, infeksi, dan pada kasus lebih parah dapat menyebabkan koma dan gagal ginjal.

Lantas, bagaimana cara untuk menyembuhkan ketergantungan akan alkohol?

Konsultasi dengan psikolog atau profesional kesehatan lainnya adalah cara yang tepat. Mereka telah mengembangkan program untuk membantu individu lebih baik dalam mengatasi tekanan emosional dan menghindari perilaku yang dapat menyebabkan konsumsi alkohol berlebihan.

6. Hindari hubungan seks bebas

Perilaku seksual berisiko tinggi dapat menyebabkan penyakit menular seksual seperti gonore, sifilis, herpes, atau HIV. Perilaku seksual berisiko tinggi juga diketahui menyebarkan human papillomavirus yang dapat menyebabkan kanker serviks pada wanita dan kanker anus pada pria dan wanita.

Perilaku seksual berisiko tinggi jika kamu memiliki banyak pasangan seks atau pasangan seks dengan riwayat penggunaan obat intravena atau penyakit kelamin. Jika kamu berencana berhubungan seks dan tidak yakin dengan status kesehatan pasangan, sebaiknya kamu menggunakan kondom.

▬ ⚣ ▬

 Dapatkan aplikasi Blued di hape kamu sekarang!

Reaksi kamu untuk artikel ini:

Loading spinner