Apakah kamu dan pasangan memiliki tujuan untuk saling memberikan komitmen seperti menikah? Jika iya, tentu saja kamu tidak bisa melakukan hal itu di Indonesia, karena di Indonesia sendiri pernikahan sesama jenis masih dilarang dan tidak dilegalkan. Terus bagaimana jika kamu ingin melakukan pernikahan bersama pasangan kamu? Jawabannya adalah kamu bisa memilih beberapa negara berikut untuk melakukan pernikahan sesama jenis.

1. Belanda

Belanda merupakan negara pertama yang melegalkan pernikahan sesama jenis pada tahun 2001. Sebenarnya belanda sudah mengajukan hak ini sejak tahun 2000 tetapi mulai dilaksanakan pada tahun 2001. Nah, bagi kamu yang ingin melaksanakan pernikahan, kamu bisa memilih negara ini sebagai negara pionir atau pencetus pelegalan pernikahan sesama jenis.

2. Belgia

Setelah Belanda, Belgia menyusul membuat keputusan untuk melegalkan pernikahan sesama jenis pada tahun 2003. Fakta menarik pada tahun 2011 salah satu Perdana Menteri Belgia mengaku sebagai seorang gay atau penyuka sesama jenis.

3. Spanyol

Pada tahun 2005, spanyol mengikuti jejak kedua negara sebelumnya untuk melegalkan pernikahan sesama jenis di negaranya.  Isu pengesahan ini dibawa pertama kali oleh Mantan Perdana Menteri dan pemimpin Partai Sosialis José Luis Rodríguez Zaptero.

4. Kanada

Dua pekan setelah Spanyol mengumumkan peraturan tersebut, Kanada-pun menyusul untuk melegalkan pernikahan sesama jenis, dan Spanyol menjadi negara keempat yang melegalkan pernikahan sesama jenis.

5. Afrika selatan

Afsel merupakan negara di Benua Afrika pertama yang mengesahkan pernikahan sejenis. Pengesahan tersebut ditandatangani oleh Wapres Phumzile-Mlambo Ngcuka pada 30 Juni 2006. Penandatangan oleh Wapres ini disebabkan Presiden Afsel saat itu Thabo Mbeki tengah menghadiri KTT Uni Afrika.

6. Norwegia

Norwegia membuka tahun baru 2009 dengan mengesahkan UU pernikahan sejenis. Sejak 1 Januari 2009 Norwegia jadi negara pertama di wilayah Skandinavia yang mengesahkan UU tersebut.

7. Swedia

Berselang 5 Bulan, Swedia mengikuti jejak negara tetangganya, Norwegia. Mereka resmi mengizinkan pernikahan sejenis pada 1 Mei 2009.

8. Portugal

5 Juni 2010 Portugal jadi negara ke-8 yang membolehkan pernikahan sejenis. PM Portugal saat itu pun Jose Socrates menyebut pengesahan ini merupakan hal sangat mendasar bagi konsep persamaan hak dan keadilan.

9. Islandia

Sejak 27 Juni 2010, Islandia mengikuti jejak 8 negara dunia lain yang memperbolehkan pernikahan sejenis dilakukan secara legal. Tidak hanya itu, setelah UU tersebut legal PM Islandia Jóhanna Sigurðardóttir dan pasangan sejenis Jónína Leósdóttir langsung meresmikan pernikahan mereka. Johanna pun menjadi Pemimpin negara dunia pertama yang berasal dari kaum sejenis.

10. Argentina

Argentina adalah negara Amerika Selatan yang melegalisasi pernikahan sejenis tepatnya pada 22 Juli 2010. Empat tahun pertama setelah dilegalkan, tercatat sudah ada 9.362 pasangan sejenis yang mengesahkan pernikahannya.

Nah, sekarang kamu tinggal pilih 10 negara yang telah melegalkan pernikahan sesama jenis. Eits jika kamu ingin memilih negara selain yang disebutkan diatas, masih banyak kok negara yang sudah melegalkan pernikahan sesama jenis, seperti:

  • Denmark
  • Brazil
  • Inggris
  • Prancis
  • Selandia Baru
  • Uruguay
  • Skotlandia
  • Luxemburg
  • Finlandia
  • Slovenia
  • Irlandia
  • Meksiko
  • Amerika Serikat

Kamu tinggal pilih ingin menikah di negara mana ya sobat. Ingat, sebelum berangkat dan memutuskan menikah di negeri orang, cari informasi yang valid dan lengkap dan juga siapkan dana untuk berangkat ke negara tujuan kamu. Selamat menempuh hidup baru sobat!

▬ ⚣ ▬

 Dapatkan aplikasi Blued di hape kamu sekarang!

Reaksi kamu untuk artikel ini:

Loading spinner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.