Wajar jika kamu masih jomblo dan ingin memiliki pasangan. Tetapi, saat kamu diberikan kesempatan untuk memiliki pasangan kamu malah merasa kesepian. Kenapa bisa begitu? Logikanya jika kamu sudah memiliki pasangan, seharusnya kamu tidak merasa kesepian karena sudah ada sosok yang siap menemani kamu di kala sedih ataupun bahagia. Perasaan kesepian bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja di kehidupan, baik saat sedang berada dalam sebuah hubungan maupun tidak. Perasaan kesepian merupakan perasaan terisolasi, tidak terhubung, dan terasing dari orang lain. Perasaan kesepian yang muncul saat sudah punya pasangan bisa muncul karena sejumlah faktor, seperti hal-hal berikut ini.

1. Tidak ada keintiman

Dalam hubungan, membangun keintiman sangat diperlukan, hal ini bertujuan untuk memberikan warna dalam hubungan kamu. Jika ada masalah dalam keintiman atau tidak ada keintiman, maka akan muncul perasaan seakan berjarak. Bila tidak segera dikomunikasikan dan diatasi, perasaan kesepian akan muncul dan menghantui hubungan.

2. Tidak bisa mengatasi perbedaan

Setiap individu pasti memiliki perbedaan, apalagi kamu dengan dia, pasti banyak memiliki perbedaan. Kamu tidak akan merasa kesepian jika kamu bisa menerima perbedaan tersebut. Namun, jika perbedaan yang ada malah selalu menimbulkan masalah, konflik, sampai saling menyimpan rasa dendam satu sama lain, rasa kesepian akan muncul ke permukaan.

3. Gangguan emosi

Ini tidak terjadi pada semua orang, tetapi ini bisa terjadi pada orang-orang tertentu karena banyak tekanan dan kenangan masa lalu yang tidak bisa dilupakan sehingga menimbulkan gangguan emosi pada diri kamu. Jika kamu merasakan adanya gangguan kesehatan mental atau gangguan emosi pada diri kamu, ada baiknya untuk segera mencari bantuan dari pihak profesional, seperti berkonsultasi ke psikolog atau psikiater. Bila akar masalahnya adalah emosi atau sesuatu dari kondisi mental kita, maka punya atau tidak punya pasangan tidak memberi perbedaan yang signifikan.

4. Kekerasan fisik

Berbagai macam kekerasan dalam sebuah hubungan bisa menyebabkan kesepian. Selain itu, bisa memicu depresi, kecanduan, hingga cedera. Bila pasanganmu sering melakukan kekerasan baik secara fisik maupun verbal, maka kamu rentan mengalami kesepian. Sebuah hubungan semestinya bisa berjalan selaras dengan saling menguatkan bukan malah saling menyakiti.

5. Ekspektasi tinggi

Tadinya kamu berharap pasanganmu adalah sosok sempurna yang memenuhi semua standar. Namun, kenyataannya dia memiliki sejumlah kekurangan yang jauh dari ekspektasi kita. Hal ini bisa memicu perasaan kecewa hingga kesepian. Penting untuk bisa lebih realistis dalam menjalin sebuah hubungan. Bahkan dalam cinta tak semuanya memuat hal-hal manis, sebab setiap hubungan pasti akan diuji dengan berbagai macam permasalahan untuk bisa saling mendewasakan satu sama lain.

Jika kamu masih merasa kesepian, cobalah untuk bahagiakan diri kamu sendiri, ambil cuti, pergi liburan, rawat diri kamu atau lakukan hobi yang kamu sukai. Lakukan refleksi diri dan telusuri lagi pemicu munculnya perasaan kesepian tersebut. Komunikasikan dengan pasangan atau bila perlu berkonsultasilah ke konselor hubungan untuk mengatasi masalahmu.pasangan atau bila perlu berkonsultasilah ke konselor hubungan untuk mengatasi masalahmu.

▬ ⚣ ▬

 Dapatkan aplikasi Blued di hape kamu sekarang!

Reaksi kamu untuk artikel ini:

Loading spinner