Kamu pasti pernah menemukan teman atau justru kamu yang dimanfaatkan oleh teman kamu sendiri. Dalam dunia pertemanan sudah sangat wajar jika ada teman yang layak untuk dipertahankan dan tidak layak untuk dipertahankan. Teman yang layak kamu pertahankan adalah yang sudah menunjukkan kualitasnya sebagai orang terdekat. Tak harus selalu berdekatan, namun terus berusaha memberikan dukungan meski jarak berjauhan.

Pasti diantara teman kamu, ada yang sifatnya hanya datang dan muncul ketika mereka sedang membutuhkan kamu, tetapi jika kamu membutuhkan bantuan mereka, dia malah menghilang dan tidak bisa dihubungi. Jika kamu merasakan hal seperti ini, berarti kamu sedang dimanfaatkan oleh teman kamu ya. Mereka bisa memasang wajah manis dan baik hati, hingga kamu tidak selalu menyadarinya. Saat ini lebih populer dengan istilah fake friend. Berikut ini adalah ciri-ciri kamu hanya dimanfaatkan oleh teman kamu.

1. Selalu bergantung sama kamu

Teman minta tolong memang wajar, tetapi jika dia minta tolong terus menerus, ini merupakan satu ciri kamu hanya dimanfaatkan olehnya. Teman yang selalu bergantung dengan kamu ini bukanlah suatu hal yang wajar. Jika teman sudah selalu bergantung pada kamu bisa dikatakan bahwa kamu hanya dimanfaatkan kepintarannya oleh teman kamu.

2. Kamu yang selalu keluar modal

Hal ini sering terjadi ketika dalam suatu pertemanan ada yang memiliki kekayaan lebih, atau sudah kaya dari dia lahir. Kebanyakan dari mereka hanya memanfaatkan teman yang memiliki kekayaan lebih untuk membayar semua tagihan seperti pada saat nongkrong atau lagi makan siang. Mungkin satu atau dua kali kamu bisa memaklumi, jika ini terus terjadi dan selalu berulang, kamu harus segera sadar bahwa kamu saat ini hanya dimanfaatkan oleh mereka.

3. Memanfaatkan fasilitas kamu

Jika teman-teman kamu selama ini hanya memanfaatkan semua fasilitas yang kamu miliki seperti motor, mobil, handphone atau apapun tanpa mengindahkan kamu sebagai temannya, berarti kamu  hanya dimanfaatkan oleh mereka.

4. Hanya ada ketika dia membutuhkan

Jangan salah, banyak loh yang seperti ini. Dia hanya muncul ketika dia membutuhkan bantuan kamu, tetapi ketika kamu sedang membutuhkan pertolongannya, saat itu juga dia menghilang tidak ada kabar. 

5. Kamu tidak pernah dimintai pendapat

Nah, jika dalam pertemanan kamu sedang mengadakan rencana seperti keluar kota, staycation atau rencana lain yang membutuhkan rembukan atau pendapat satu sama lain, dan kamu tidak diikutsertakan, maka ini merupakan salah satu ciri kamu hanya dimanfaatkan oleh mereka.

Kamu pasti pernahkan mengalami hal ini, untuk kamu yang masih terjebak pada pertemanan yang toxic, segeralah sadar dan keluar dari lingkaran setan yang tidak membantu kamu untuk berkembang.

▬ ⚣ ▬

 Dapatkan aplikasi Blued di hape kamu sekarang!

Reaksi kamu untuk artikel ini:

Loading spinner