Pasti kalian sudah tahu apa fungsi dari kondom kan? Nah, kondom merupakan suatu alat untuk melindungi kamu dari penularan penyakit seks dan untuk pencegahan kehamilan. Jika kamu masih sering gonta ganti pasangan, kamu wajib menggunakan kondom untuk menjaga kesehatan kamu ya. Berikut ini merupakan tips memilih kondom yang baik dan benar untuk kamu gunakan agar terhindar dari penyakit dan tetap bisa hidup sehat!

1. Pilih kondom berbahan lateks

Kondom memiliki dua jenis bahan dasar yaitu lateks dan kondom yang berbahan sintetis, menurut para ahli, mereka banyak menyarankan penggunaan kondom yang berbahan lateks, mengapa seperti itu, karena bahan lateks memiliki keunggulan yaitu bahannya lebih elastis sehingga bisa mengikuti bentuk dari Mr.P kamu.

2. Cek tanggal kadaluarsa

Kamu yang demen menggunakan kondom, jangan lupa ya harus cek tanggal kadaluarsa sebelum kamu gunakan ya. Nggak hanya berdasarkan tanggal, kita juga bisa mengecek kualitas kondom yang layak dari sobek dan lubang. Selalu gunakan kondom baru untuk aktivitas penetrasi dan segera buang kondom bekas meski belum sempat menampung sperma.

3. Pasang kondom dengan benar

Diawal sudah disampaikan, bahwa kondom berbahan lateks dan teksturnya sangat elastis serta ditambah pelicin yang ada didalamnya. Maka dari itu, kondom perlu dipasang secara benar dan hati-hati. Tahan sedikit bagian ujung kondom dan sisakan sedikit sebagai tempat untuk menampung sperma supaya nggak bocor. Robek kemasan kondom dengan hati-hati dan sebaiknya nggak menggunakan gunting atau gigi. Satu lagi, pastikan kondom yang digunakan sesuai dengan ukuran Mr. P pasangan.

4. Gunakan pelicin

Meski kondom sudah mengandung pelicin, tetapi jika kamu melakukan seks anal yang tidak bisa menghasilkan pelicin secara alami, ini perlu dibantu dengan menggunakan pelicin yang berbahan dasar air, selain mudah dibersihkan juga aman untuk tekstur kondom. Jangan gunakan air liur ataupun lotion dan baby oil, karena minyak dapat merusak struktur dari kondom dan dapat mengakibatkan kebocoran pada kondom yang kamu gunakan.

5. Melepaskan kondom dengan benar

Bukan hanya saat memasang, kita juga harus berhati-hati saat melepas kondom. Saat melepas kondom, pastikan sperma yang tertampung nggak keluar dan tumpah. Menampung sperma atau nggak, buanglah kondom bekas di tempat sampah.

Nah, jangan lupa untuk selalu menggunakan kondom setiap kali kamu melakukan hubungan seksual, terlebih bagi kamu yang sering gonta ganti pasangan, penggunaan kondom bisa menurunkan resiko kamu tertular penyakit seks. Setia pada satu pasangan lebih baik!

▬ ⚣ ▬

 Dapatkan aplikasi Blued di hape kamu sekarang!

Reaksi kamu untuk artikel ini:

Loading spinner